Saturday, December 15, 2012

Ini Bedanya Virus dan Malware,Trojan dan Worm

perbedaan virus dan malware
di bidang teknologi keamanan jaringan kita sering mendengan bahkan menemukan kata Virus, Malware , trojan dan Worm. Kempat benda tersebut memang memiliki ksamaan yaitu program jahat yang akan mengganggu kinerja jaringan komputer, akantetapi keempat benda tersebut juga tidaklah sama melainkan sebenarnya di buat dengan kejahatan yang berbeda.

Kali ini, Teknoput akan membahas mengenai perbedaan dari Virus dan malware juga trojan dan Worm. sehingga informasi ini akan mampu memberikan pengverahan kepada anda tentang perbedaan dari program-program jahat virus dan malware juga trojam dan worm.

memang sampai detik ini masih banyak yang menyalah artikan kata program jahat tersebut. banyak yang masih menganggap malware yang ada di sebuah situs dengan sebutan virus. ini berarti sudah ada kesalahpahaman penyebutan arti dari program jahas seperti virus, malware, trojan dan worm.

nah dibawah ini adalah perbedaan dari virus, malware , trojan dan worm.

Malware

malware sebenarnya kepanjangan dari Malicious Software yaitu software yang diciptakan untuk tujuan jahat. malware sebenarnya sama dengan softwarehanya saja sofaware ini dibuat untuk tujuan jahat.

Virus

virus merupakan Malware  menginfeksi komputer dan membutuhkan bantuan / intervensi pihak ke tiga (manusia) untuk menjalankan dirinya dan tidak bisa berjalan secara otomatis menginfeksi komputer. Supaya manusia mau menjalankan dirinya, virusbiasa memalsukan dirinya sebagai programseperti .doc, .jpg atau folder yang jika di klik akan menjalankan virus.

  bahakn untuk menyainkan korbannya , virus memalsukan diri (icon, ekstensi) sebagai gambar porno, file crack atau hal lain yang akan menarik orang melakukan klik.

Worm

Malware yang dapat secara otomatis menginfeksi komputer tanpa bantuan pihak ke tiga. Jadi sekali worm ada di komputer / jaringan, ia akan secara otomatis menyebarkan dirinya ke komputer lain tanpa bantuan atau bahkan tanpa dapat dicegah oleh para pemilik komputer lain dalam jaringan.

akan tetapi ketika celah yang di infeksi telah di tutup, amka worm akan tidak bisa bergerak alias mati.


Trojan

Sama seperti film Troy, trojan adalah kuda troya yang akan berpura-pura sebagai program berguna baik crack, game atau program lain yang secara diam-diam menginstalkan dirinya pada sistem dan menjalankan kegiatan mata-mata seperti mencuri data, merekam ketukan keyboard dan mengirimkan ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya.

setidaknya dari paparan diatas, telah sedikit memberikan gambaran kepada anda mengenai perbedaan virus dan malware serta trojan dan worm. sehingga anda bisa melakukan antisipasi khusu ketika melakukan pengamanan terhadap perangkat komputer jaringan anda.








0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2014 TEKNOPUT Support by Google | Blogger